Selasa, 15 Mei 2012

Apa itu Meta, Metadata, Metasearch?

Artikel ini saya ambil dari website seseorang yang sebenarnya dengan tujuan untuk pembelajaran saya sendiri. maka, banyak link-link yang masih terpaut dan sengaja saya biarkan agar saya maupun anda yang memang ingin tau tentang hal tsb dapat memahaminya.

Apa itu meta? dari defisininya, meta adalah sebuah kata yang menggambarkan: ”after”, “beyond”, “with”, “adjacent”, “self” [ref]. Dalam dunia IT/science, istilah meta digunakan sebagai informasi tambahan dari sebuah object, atau informasi tentang sebuah informasi. bingung? coba baca terus…

Apa itu metadata? metadata adalah informasi yang ditanam pada sebuah file yang isinya berupa penjelasan tetang file tersebut. misal anda punya file gambar, nah informasi inti kan adalah gambar tersebut. namun bagaimana dengan informasi yang menjelaskan gambar tersebut (kapan dibuat, berapa resolusinya, kamera yang digunakan, serta informasi lainnya)? informasi yang menjelaskan object inilah yang disebut metadata. jadi bener toh? informasi tentang informasi.

Cara lihat metadata? untuk lihat metadata dari sebuah file adalah sangat mudah. tinggal klik kanan trus klik properties. kliatan deh metadatanya. metadata adalah hal yang simple bukan hal yang perlu dibesar2an.

Apakah metadata bisa dirubah? tentu saja bisa. tinggal edit file tsb dengan menggunakan hex editor/binary editor, kemudian ubah metadatanya. ingat yah, edit dengan hex-editor bukan yang lain. hex-editor itu bukan nama software, tapi nama kelompok software (contoh lain: ms word & word processor). setelah load filenya, kemudian kita bisa edit langsung metada tsb. ini contoh tutorialnya.

Berarti menggunakan metadata sebagai alat bukti adalah tidak benar dong? tentu saja, karenametadata sangat mudah untuk dirubah. roy suryo juga diprotes terkait dengan ini karena beliau menggunakan metadata sebagai dasar keputusan. lagipula sudah banyak juga yang menyangsikan kepakaran beliau (termasuk saya), hehehe :-p. silahkan baca disini, disini, disini.

kalau metasearch? sama dengan konsep meta, meta-search akan men-search ke search engine yang sudah ada. jadi, jika saya membuat aplikasi meta-search untuk search website internet, maka bukan saya yang melakukan search ke internet secara langsung. justru saya menggunakan search engines yang tersedia untuk kegiatan search saya. jadi lebih enak, kita ngak perlu mengunjungi search engine satu-persatu, cukup dengan 1 interface aja.

apakah www.booko.com.au juga termasuk meta-search? iya, karena website tersebut meng-query website lainnya dan menampilkan hasilnya di website tersebut. nah website www.fishpond.com.au, bookdepository.co.uk, atau abebooks.com sudah di include kedalam querynya sehingga ngak perlu searching kesana lagi.

implementasi metasearch dimana aja? contoh yang sering adalah pada website yang membandingkan harga, pada juga website yang membandingkan harga tiket pesawat. di UNSW, meta-search digunakan untuk men-query beberapa journal provider. FYI, UNSW men-subscribe ratusan journal provider. ratusan bo! ratusan… bisa gempor jari kita kalo harus disuruh ngubek2 tiap provider itu satu-persatu. dengan adanya metasearch, kerja kita jadi lebih efisien.

semoga menjadi jelas


Sumber : achmad.glclearningcenter.com

0 komentar: