Sabtu, 03 November 2012

Pria Ini Menghentikan Pemakaman 'Dirinya'

Bagaimana jika seseorang tiba-tiba menghadiri dan menghentikan upacara pemakaman yang diadakan untuk dirinya. Aneh tentunya. Mustahil, Namun itulah yang terjadi di Brazil. Seorang pria datang ke upacara pemakaman yang dihelat keluarga untuknya. Cerita itu terjadi pada Gilberto Araujo (41).
Ceritanya bermula saat keluarga Araujo menerima telepon dari polisi. Isinya, pencucian mobil tempat Araujo bekerja ditembaki oleh orang tak dikenal. Ada korban tewas dalam peristiwa itu. Dan diduga korban itu adalah Araujo.

Pihak keluarga segera berangkat ke rumah sakit. Tempat mayat disemayamkan. Keluarga memastikan mayat itu Araujo. Yang mengidentifikasi itu bahkan saudaranya sendiri. Setelah dipastikan bahwa itu Araujo, mayat kemudian dipulangkan ke rumah keluarga. Diperlakukan sewajarnya. Hingga dimakamkan itu.

Digelarlah upacara pemakaman. Lokasinya di Kota Alagoinas, sebelah timur Brazil. Namun tiba-tiba, sosok pria mendatangi upacara pemakaman itu.

Tentu saja kerabat dan segenap orang hadir di pemakaman itu terkejut alang kepalang. Bingung. Tanya menggumpal di benak mereka. Siapa pria yang datang itu. Wajahnya persis dengan Araujo. Siapa pula mayat dalam peti mati yang dalam proses penguburan itu.

Namun, setelah dipastikan kembali, diyakini bahwa yang datang ke pemakaman itu adalah Araujo yang asli. Ibu Gilberto, Marina Santana, mengaku bahagia anaknya telah kembali dengan sehat. “Saya senang sekali. Apa yang tidak akan dikatakan seorang ibu yang anaknya dikabarkan mati dan ternyata pulang dengan selamat,” kata Santana dilansir oddnews.org.

Belakangan, diidentifikasi bahwa mayat yang dimakamkan itu adalah Genivaldo Santos Gama. Araujo dan Gama memang sangat mirip dan sama-sama bekerja sebagai pencuci mobil.

Bukan pertama

Itu bukan pertama terjadi di Brazil. Pada 2009 lalu juga terjadi peristiwa yang sama. Saat itu, seorang tukang batu, Jorge Goncalves (59) dikawarkan tewas dalam sebuah kecelakaan mobil.

Keluarga mengidentifikasi jenazah kecelakaan itu sebagai Goncalves. Lalu diaturlah sebuah upacara pemakaman. Rencana pemakaman dilakukan 2 November. Mayat ittu sebenarnya bukan Goncalves. Bahkan, saat upacara pemakaman itu disiapkan, Goncalves malah mabuk-mabukan di sebuah bar.

Tibalah saat pemakaman. Goncalves datang di acara itu. Acara yang dihelat di rumah duka Funeraria Rainha das Colinas. Kontan saja, semua orang di tempat itu kaget. Bahkan, Natanael, manajer rumah duka itu, nyaris melompat keluar melalui jendela. Dia takut setengah mati melihat sosok Goncalves datang. Lha wong mayatnya ditempatkan di peti mau dikubur kok ada sosok Goncalves yang datang.

“Selama 10 tahun saya bekerja, saya tidak pernah mengalami kejadian seperti ini,” kata Natanael dikutip CNN. Ah, ternyata yang tengah disemayamkan itu bukanlah si Goncalves.


0 komentar: